The 10th JIFFEST

jiffest2008

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung akhir tahun. Semua orang sibuk dengan persiapan liburan akhir tahun mereka. Bagi para pecinta film, bulan Desember adalah saatnya untuk festival film yang paling ditunggu. Jakarta International Film Festival atau disingkat Jiffest kembali hadir untuk memanjakan pecinta film dengan film-film berkualitas.

Tahun ini memang bukan tahun terbaik Jiffest, dunia yang sedang dilanda krisis global berdampak pula dengan hari penyelenggaraan, jumlah film yang diputar, dan lokasi penyelenggaraan Jiffest kali ini.

Memasuki tahun kesepuluhnya, festival film yang paling sukses di Indonesia ini hanya berlangsung selama 5 hari dengan kurang lebih 100 film dari 24 negara. Jiffest akan diadakan pada tanggal 5-9 Desember dengan mengambil lokasi di Platinum XXI, Blitz Megaplex Grand Indonesia dan pusat-pusat kebudayaan seperti Erasmus Huis, Kineforum TIM, Galeri Cipta TIM, GoetheHaus, Istituto Italiano di Cultura dan The Japan Foundation dipilih sebagai lokasi pemutaran film.

Banyak berkurangnya film-film yang diputar dan hari penyelenggaraan yang tidak lagi 10 hari, diharap tidak mengurangi antusias pecinta film tanah air untuk datang ke jiffest. Walau begitu, festival ini tidak mengurangi kualitas film-film yang diputar.

Saya akan nonton film-film di jiffest, bagaimana dengan anda?

Berikut, sepuluh film yang bagi saya patut untuk ditonton :

Achilles and the Tortoise (Akires to Kame)

02

Machisu, anak lelai satu-satunya dari seorang kolektor seni, mempunyai ketertarikan pada dunia lukis dari kecil. Pujian dari seorang seniman teman ayahnya membuat Machisu bermimpi menjadi pelukis. Sepanjang hidupnya, Machisu mendedikasikan dirinya untuk seni, sampai pada suatu titik dimana para tetangga dan bahkan anaknya sendiri, Mari, dapat mentolerir.

Captain Abu Raed

abu-raed

Abu Raed bekerja sebagai tukang pembersih toilet bandara yang selalu bermimpi ingin pergi keliling dunia, namun tak pernah terwujud. Suatu hari, sekelompok anak kecil menyangka Abu Raed adalah seorang pilot dan memintanya bercerita tentang tempat-tempat di seluruh dunia. Abu Raed pun mengarang cerita-cerita fantastis yang menjadi harapan bagi anak-anak itu untuk keluar dari kesulitan hidup mereka.

The Elite Squad (Tropa de Elite)

The Elite Squad

Tahun 1997, sebelum kunjungan Paus ke Rio de Janerio, Kapten Nascimento dari tim elit pemberantas jaringan narkoba diminta memberantas segala transaksi jual beli narkoba di tempat yang akan dikunjungi Paus. Sang Kapten berusaha mencari penggantinya, dan pilihannya jatuh pada dua tentara baru, Neto dan Matias. Keduanya baru saja keluar dari kepolisian militer yang mereka anggap penuh dengan korupsi, namun di divisi baru ini, apa yang mereka kira sebelumnya sangat jauh dari kenyataan. Film ini diproduksi oleh Fernando Meirelles (“City of God”).

Happy-Go-Lucky

Happy Go Lucky

Poppy (Sally Hawkins) menjalani hidupnya di London dengan penuh rasa ceria dan optimisme yang kadang terasa berlebihan. Keceriannya diuji saat dia bertemu dengan guru mengemudi yang mudah marah bernama Scott (Eddie Marsan). Poppy pun tak mau kalah, dia menguji sikap Scott tersebut. Kedekatan kedua orang dengan sifat yang saling berlawanan ini menunjukkan kebutuhan mereka akan cinta dan kasih sayang yang tak pernah usai

I’m Not There

I'm Not There

Film biografi yang tidak biasa ini menghadirkan enam aktor yang berbeda dalam menggambarkan beberapa fase karir penyanyi legendaris Bob Dylan. Cate Blanchett, Heath Ledger, Christian Bale, Ben Whishaw, Richard Gere, dan Marcus Carl Franklin memainkan peran mereka sebagai Dylan dengan tepat, sehingga film ini mendapat persetujuan langsung dari Bob Dylan sendiri.

Shine a Light

Shine A Light

Pada musim gugur 2006, Martin Scorsese mengumpulkan tim kamerawan untuk memfilmkan penampilan The Rolling Stones di atas panggung. Dengan akses tak terbatas selama dua hari di Beacon Theater, New York City, digabungkan dengan arsip rekaman video yang jarang dipublikasikan sebelumnya, berikut penampilan dari Jack White (The White Stripes), Christina Aguilera dan Buddy Guy, menyaksikan film ini memberikan pengalaman menarik tersendiri.

Tokyo Sonata

Tokyo Sonata

Sebuah keluarga di Jepang yang terlihat normal sebenarnya beranggotakan ayah yang kehilangan pekerjaan, anak paling tua yang jarang pulang ke rumah, anak paling kecil yang diam-diam mengambil kursus piano, dan seorang ibu yang tidak sanggup menjaga keutuhan keluarganya. Dari luar, segalanya terlihat baik-baik saja, sampai suatu kejadian muncul dan diam-diam memecah keutuhan keluarga ini tanpa mereka sadari.

Where in the World is Osama bin Laden?

Where in the World is Osama bin Laden?

Saat Spurlock tahu istrinya tengah mengandung, dia menginginkan anaknya nanti tumbuh besar di dunia yang aman. Spurlock pun memutuskan untuk mencari jejak manusia paling berbahaya di muka bumi, Osama bin Laden. Perjalanannya keliling dunia mencari pemimpin Al Qaeda ini membawanya bertemu dan mewawancarai berbagai orang dari bermacam suku dan agama, yang semuanya menyiratkan harapan yang sama akan perdamaian.

Burn After Reading

Burn After Reading

Analis CIA Osborne Cox (John Malkovich) baru saja dipecat. Dia memutuskan untuk pulang ke pelukan istrinya, Katie (Tilda Swinton), yang sebenarnya siap meninggalkan Osborne demi kekasihnya yang juga sudah beristri, Harry Pfarrer (George Clooney). Osborne menghabiskan waktunya dengan menulis otobiografi, yang dia simpan dalam sebuah CD. Ketika CD ini jatuh ke tangan dua karyawan pusat kebugaran, Linda Litzke (Frances McDormand) dan Chad Feldheimer (Brad Pitt), keduanya sepakat untuk menjual CD demi meraup uang yang  banyak. Tetapi yang terjadi malah kekonyolan demi kekonyolan yang tak disangka-sangka!

Vicky Cristina Barcelona

Vicky Cristina Barcelona

Dua perempuan asal Amerika, Vicky (Rebecca Hall) dan Cristina (Scarlett Johansson), pergi ke Barcelona untuk menghabiskan liburan musim panas mereka. Vicky sudah bertunangan, sementara Cristina masih lajang dan cenderung emosional dalam masalah percintaan. Di sana, mereka terlibat dalam hubungan asmara dengan pelukis karismatik Juan Antonio (Javier Bardem), yang sebenarnya masih terikat dengan mantan istrinya yang labil, Maria Elena (Penelope Cruz). Satu pria dan tiga perempuan unik ini menjadi daya tarik film komedi yang sangat menghibur ini.

2 thoughts on “The 10th JIFFEST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s